Hoverboard, Skateboard Terbang yang Jadi Nyata

backtothefutureTeknologi skateboard terbang mungkin hanya ada dalam film sci-fi “Back to The Future” karya Robert Zemeckis yang menjadi box office pada tahun ‘80-an. Skateboard terbang yang disebut hoverboard ini dapat melayang di udara dan digunakan sebagai penunjang manusia dalam beraktivitas. Namun, skateboard terbang kini bukan lagi sekedar impian. Siapa sangka, tiga puluh tahun setelah film “Back to The Future” booming, skateboard terbang yang diimpikan banyak orang kala itu benar-benar menjadi kenyataan.

Ark Pax, perusahaan kecil di Los Gatos, California, mencoba menciptakan hoverboard ke dalam dunia nyata. Hoverboard tersebut dinamakan Hendo Hoverboard, skateboard terbang yang diciptakan oleh Greg Henderson, ilmuwan asal Amerika Serikat yang juga menjadi pemilik Ark Pax. Terinspirasi dari film “Back to The Future”,
Hendo Hoverboard menggunakan magnet untuk melayang di atas tanah. Di dalamnya terdapat empat buah mesin
berbentuk cakram yang menghasilkan medan magnet khusus yang saling mendorong sehingga papan dapat
melayang. Teknologi ini menggunakan teknologi yang sama dengan kereta magnet yang saat ini beroperasi di Asia.

Hendo Hoverboard saat ini masih dalam bentuk prototipe dengan berat 40 kilogram. Skateboard ini hanya bisa melayang di atas lantai yang terbuat dari logam nonferrous seperti tembaga dan alumunium. Hendo Hoverboard dapat melayang sejauh tiga sentimeter dan mampu membawa beban hingga 140 kilogram selama sekitar lima belas menit.

hendo hoverboard

Hoverpark, Taman bagi Pengguna Hoverboard

Ark Pax berencana untuk mendirikan Hoverpark, di mana setiap orang dapat menyewa skateboard terbang ini dan melayang di udara selayaknya seperti dalam film “Back to The Future”. Mereka juga berencana untuk meluncurkan Hendo Hoverboard kepada khalayak pada 21 Oktober 2016. Saat ini sebenarnya Hendo Hoverboard sudah dapat dipesan melalui situs Kickstarter dengan harga yang dibanderol US$10000 atau sekitar 120 juta rupiah. (Azadya/Press CompFest7)

Sumber:
tempo.co
sourcefed.com (gambar)
http://xgames.espn.go.com/ (gambar)

One thought on “Hoverboard, Skateboard Terbang yang Jadi Nyata”

Leave a comment