TRAINING 2 IOT : IMPLEMENTING YOUR IDEAS

Pada training kedua IoT ini, para peserta mulai membangun prototype dari produk tim mereka masing-masing, dipandu oleh berbagai narasumber dan mentor. Selain itu diadakan juga sesi Talkshow Success Story dari tim juara Sci-Fi Hackathon 2016 dan GEMASTIK 2016.

CompFest 9, Jakarta Selatan – Pada hari Sabtu (5/8) dan Minggu(6/8) telah dilaksanakan Training 2 Internet of Things Academy di Dattabot Dojo, Jakarta Selatan. Pada training kedua ini, para peserta mulai membangun prototype dari produk tim mereka masing-masing, dipandu oleh berbagai narasumber dan mentor.

Hari Pertama IoT Training

Hari pertama diisi oleh Pak Andi Sama selaku Chief Information Officer dari PT Sinergi Wahana Gemilang, salah satu distributor IBM Bluemix. Dalam seminarnya yang berjudul ‘IBM Bluemix: Platform for Innovation’, beliau menjelaskan kepada peserta apa itu IBM Bluemix dan apa yang ditawarkan oleh Bluemix. Selain itu, para peserta juga diarahkan untuk membuat akun dan login IBM Bluemix.

Menurut Pak Andi, para peserta harus pintar-pintar menganalisis data dan kegunaannya. Tentunya, segala data yang didapat harus diolah dengan baik. “Yang penting adalah bagaimana data tersebut dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis,” ujarnya.

Setelah ishoma, acara dilanjutkan dengan workshop dari Bluemix yang dipandu oleh Kak Auliah Nuraini dan tim. Di sesi workshop ini, para peserta mencoba secara langsung IoT Platform dari Bluemix. Mereka belajar cara setup device dan juga cara menyambungkan Raspberry Pi ke platform tersebut. Setelah berhasil tersambung, barulah mereka mencoba membuat flow dari program IoT yang ingin mereka buat.

DGc5sRKUIAA9W67

Selesai workshop, para peserta diberi kesempatan untuk mempresentasikan perkembangan riset mereka sejak training 1. Masing-masing kelompok sudah memiliki ide mengenai apa yang harus mereka lakukan, dan aspek apa yang perlu diperbaiki dari produk mereka. Bahkan, beberapa kelompok sudah memulai atau menyelesaikan prototype sederhana produk. Untuk membantu mereka lebih lanjut, mereka juga diberikan IoT Kit oleh panitia.

Dengan berakhirnya sesi presentasi, berakhir juga hari pertama Training 2 IoT Academy.

 

Hari Kedua IoT Training

Hari kedua dari IoT Training dimulai dengan seminar IoT in Future yang dibawakan oleh Kak Sofian Hadiwijaya, Founder & CTO dari pinjam.co.id. Dalam seminarnya, Kak Sofian menjelaskan mengenai penerapan arsitektur IoT, dan juga cara membuatnya. Beliau juga menyarankan kepada peserta untuk tidak terpaku dengan kata internet, karena sebuah alat tidak harus menggunakan internet untuk menjadi alat IoT.

Menurut Kak Sofian, yang juga berperan sebagai mentor di IoT Academy, pengalaman ini tidak hanya memperkaya wawasan peserta, namun juga para mentor. “Ketika ketemu anak-anak, mereka come up dengan banyak idea,” ungkapnya. “Menurut gue itu hal yang banyak memperkaya diri gue juga ya. Oh, ternyata ada masalah-masalah ini, dan bisa di-solve dengan cara ini.”

Setelah seminar IoT in Future, acara selanjutnya yaitu seminar Big Data oleh Bapak Yusuf Syaid, Data Integration Hardware Specialist dari Dattabot. Selain menjelaskan dasar-dasar konsep Big Data, beliau juga menekankan pentingnya teamwork dalam membangun sesuatu. “Not one person will be the expert,” ujarnya. “You need a group of people. You work as a team, because you’ll have a really good hardware guy, you’ll have a really good software guy. So you need them all together as a team effort to build something meaningful.

Setelah sesi ishoma, saatnya untuk Talkshow Success Story bersama dua tim yang telah sukses membuat suatu prototype IoT, yaitu tim MANTIS (juara 1 Sci-Fi Hackathon 2016) dan tim Zalori (juara 2 GEMASTIK 2016 kategori Piranti Cerdas & Embedded System). Dalam talkshow ini, para peserta mendapat kesempatan untuk bertanya langsung kepada kedua tim.

DGhtOhKUIAAJ6-G

Setelah sharing Success Story, para peserta berkumpul bersama mentor-mentor IoT untuk berkonsultasi mengenai produk mereka. Pada kali ini, terdapat berbagai pos mentoring, seperti Elektrik, Programming, UI/UX, dan Business Model.

Setelah itu, peserta kembali diberi kesempatan untuk mempresentasikan apa yang telah mereka buat dan dapatkan dalam 2 hari Training 2 IoT. Kebanyakan tim sudah makin mengetahui cara membuat produk mereka, dan beberapa tim bahkan melakukan demonstrasi dari prototype yang telah mereka buat. Tim-tim yang belum membawa prototype pun sudah dapat memaparkan apa yang akan mereka lakukan.

DGiUZiZU0AA-WMG

Setelah semua tim selesai memaparkan presentasi mereka, sesi foto bersama peserta dan panitia menutup rangkaian acara Training 2 IoT Academy Compfest 9. Dengan itu, para peserta hanya memiliki satu rangkaian acara lagi untuk diikuti, yaitu Final IoT Academy pada tanggal 16 & 17 September 2017.

DGiX33BUAAA_zmy

Pantau terus rangkaian acara CompFest 9 melalui lini masa kami di Facebook @CompFest, Twitter @compfest, dan situs utama kami di compfest.web.id (Press/Naima)

Leave a comment